Jumat, 18 Januari 2013

Pernikahan




 
Ada yang mengatakan dengan menikah  kita telah  menyempurnakan agama. Ada juga yang mengatakan bahwa dengan menikah maka lengkaplah sudah kebahagiaan kita. Bahkan ada yang bilang dengan menikah kita akan menjadi wanita atau pria seutuhnya.
Apapun kata mereka tentang pernikahan. Aku merasakan ada  ikatan  suci di pernikahan. Ada kebahagiaan yang tulus yang dirasakan oleh kedua mempelai dan orang-orang disekitarnya. Ada harapan indah untuk  membina masa depan dalam sebuah keluarga yang bahagia.

Pernikahan menyatukan dua insan untuk membina sebuah  keluarga. Keluarga yang penuh dengan cahaya keimanan tentunya. Seorang Istri akan banyak mendapat amalan pahala dengan berbakti dan patuh kepada suaminya. Sebaliknya suami akan mendapat ketenangan dan kemuliaan karena istrinya. Sungguh indah keluarga yang didasari dengan iman kepada Allah SWT.

Menikah adalah sunnatullah, bahkan menjadi wajib hukumnya untuk disegerakan ketika seseorang telah mampu untuk menikah karena dengan menikah hati akan lebih terpelihara dan bersih dari desakan nafsu.

Ada orang yang sudah merasakan bahagianya mengecap ikatan suci tersebut. Namun, ada juga orang yang masih ikhtiar dalam mencari jodohnya. Ada orang yang dengan mudah dan cepat mendapatkan jodohnya.  Namun, ada juga orang yang lama dan bisa dikatakan sulit menemukan jodohnya. 

Tak jarang kita jumpai  orang berumur diatas 30an masih belum menikah. Mereka sering dicap ‘terlambat menikah’. Fenomena ini sering menimbulkan ketakutan tersendiri bagi kaum lajang yang umurnya terus merangkak naik namun belum juga menemukan jodohnya. Mereka menjadi cemas dan pikiran macam-macam pun muncul, ketakutan akan menjomblo seumur hidup, ketakutan akan menjadi perawan tua, dan ketakutan tidak akan menikah dalam hidupnya. 

TIDAK ADA kata terlambat dalam menikah. Yang ada adalah orang tersebut belum waktunya bertemu dengan jodohnya. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jodohnya masing-masing dan waktu yang indah untuk bertemu dengan jodohnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. Allah SWT Yang Maha Paling tahu yang terbaik untuk kita. Jadi buat apa kita harus merasa resah dan gelisah jika kita sudah memasrahkan semua kepada Allah SWT. Toh Allah SWT adalah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Jadi yang perlu kita lakukan hanya berdoa dan berikhtiar dengan cara :

             Perbaiki diri.
Perbanyaklah  perbaiki diri baik dari segi akhlak, hati dan perilaku. Tingkatkan amalan kita kepada Allah SWT. Karena janji Allah SWT “ Orang yang baik untuk orang yang baik.”. Dengan menjadi pribadi sholeh/sholehah, InsyaAllah kita akan mendapatkan jodoh yang sholeh/sholehah, sehingga kita dapat membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah, Amin.
Perbaikan diri juga dilakukan dengan memperbaiki penampilan kita. Jika kita bersih dan penampilan rapih ditambah dengan hati yang cantik, maka inner beuty kita pun akan terpancar :).

     Perluas pergaulan
Memperluas pergaulan selain menambah kenalan juga dapat menjalin tali silahturahmi. Ikutilah kegiatan sosial, pengajian atau perkumpulan yang bermanfaat. Siapa tahu kita akan bertemu jodoh kita disana. Jodoh yang baik ditemukan di tempat yang baik pula :).
  
           Berdoa kepada Allah
Dan yang terpenting janganlah putus dalam berdoa memohon kepada Allah SWT karena Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dalam berdoa kita harus ihklas dan yakin bahwa Allah SWT akan mengabulkan keinginan kita. Jangan sampai kita pesimis terhadap doa kita karena Allah SWT sesuai dengan persangkaan hambanya.

Yang pasti janganlah kita terlalu mengumbar cinta kita karena cinta yang abadi adalah hanya untuk Allah SWT dan cinta yang suci adalah cinta yang hanya untuk suami kita bukan pacar ataupun gebetan kita. Kerena pacar atau gebetan kita  belum tentu jadi suami kita kelak kan :).
Yang belum menemukan jodoh, tetaplah berdoa dan berihktiar karena pertolongan Allah SWT hanya berjarak setipis tirai, dan kita tidak akan mendapatkannya kalau kita tidak menjemputnya. Yakinlah bahwa jodoh ada di tangan Allah SWT dan akan datang di saat yang indah dan tepat buat kita :).


*Happy wedding mbakq yang cantik,,mbak upi dan mas adit, moga jadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah,amiiin......Tiba-tiba pengen buat buku yang berisi kisah perjalanan orang-orang dalam menemukan jodohnya.... *.*

6 komentar: